Rabu, 19 Desember 2012

PENGENALAN DIRI

Materi Pengenalan DIRI (Departemen Diklat dan Kaderisasi)

DEFINISI
Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar.
Pengenalan diri adalah salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, baik secara fisik, psikis, maupun moral. Konsep diri positif akan membentuk harga diri yang kuat. Harga diri merupakan penilaian tentang keberartian diri dan nilai seseorang. Orang dengan harga diiri rendah akan kurang percaya diri, sehingga tidak efektif dalam pergaulan social.

JENDELA JOHARI
Joseph Luft dan Harrington Ingham, mengembangkan konsep Johari Window sebagai teknik untuk mengenal diri dan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain.











Daerah Publik
(Publik area)
A
 
Daerah Buta
(Blind Area)
B
Daerah Tersembunyi
(Hidden Area)
C

 
Daerah yang tidak disadari
(Unknown Area)
D

Publik Area (daerah terbuka), yaitu bagian dari diri kita yang menyajikan semua informasi, perilaku, sifat, perasaan, motivasi, dan ide yang diketahui oleh diri sendiri dan orang lain. Hal ini bisa mencakup antara lain tentang nama diri, warna kulit, usia, agama, hobi, dan sebagainya.
Blind Area (daerah buta), yaitu segala hal tentang diri kita yang diketahui orang lain, namun tidak diketahui oelh diri kita sendiri. hal ini mencakup kebiasaan-kebiasaan kita dalam berinteraksi dengan orang lain yang terkadang tidak kita sadari dilakukan.
Unknown Area (daerah tak sadar), yaitu aspek dari diri kita yang tidak diketahui baik oleh diri kita sendiri maupun orang lain. Walaupun, sulit untuk mengetahui ukuran unknown self ini, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa ini ada dalam diri kita.
Hidden Area (daerah terselubung), yaitu wilayah ini merupakan apa-apa yang berisi sesuatu yang kita ketahui sendiri, yang orang lain tidak mengetahuinya.

Contoh Kasus :
Nanda adalah gadis yang pemalu, ia selalu sulit menjalin pergaulan. Sangat jarang ia dapat menceritakan perasaan, keinginan, dan fikiran-fikiran yang ada pada dirinya. Akibatnya, ia kurang dikenal oleh teman sepergaulannya.

Kemungkinan besar Nanda mempunyai daerah public (A) yang kecil, sedangkan daerah yang tersembunyi lebih besar (C) atau Nanda mempunyai daerah buta yang lebih besar (B), sebab kelebihan yang merupakan aset bagi dirinya tidak disadarinya atau dilihat orang lain.

TAHAPAN PENGENALAN DIRI
Pengenalan diri dapat dilakukan melalui 2 tahap, yaitu pengungkapan diri (self disclosure) dan tahap menerima umpan balik.
Pengungkapan diri didefinisikan sebagai aktifitas yang mengungkapkan bagaimana anda sedang bereaksi pada suatu situasi yang terjadi pada saat itu dan memberikan informasi mengenai pengalaman masa lalu yang masih relevan untuk memahami reaksi yang terjadi pada saat itu.
Umpan Balik ditujukan untuk membuktikan informasi yang konstruktif dalam rangka membantu seseorang untuk menjadi sadar bagimana perilaku seseorang mempengaruhi orang lain.

Tahapan pengungkapan diri, orang memperluas daerah Tersembunyi (C) (Gambar 1), sedangkan untuk memperluas daerah B (Gambar 2) dibutuhkan umpan balik dari orang lain. Akhirnya ia akan mempunyai daerah public (A) (Gambar 3) yang semakin luas. Semakin Luas daerah Publik (A) dapat dikatakan seseorang mempunyai konsep diri yang positif. Ia telah tahu, baik secara kuantitas maupun kualitas, kelemahan dan kekuatan dirinya.


PENUTUP
Pengenalan diri adalah wahana untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karenanya setelah seseorang dapat menjawab pertanyaan siapa saya ? maka pertanyaan selanjutnya adalah saya ingin menjadi siapa?
Akhir kata, tiada kemampuan yang lebih dahsyat di kehidupan ini selain yakin bahwa diri kita mampu untuk membahagiakan orang lain.


TETAP SEMANGAT>>>>>Kejayaan dalam Kebersamaan

0 komentar:

Posting Komentar