Sabtu, 19 Desember 2015

Kepemimpinan Margaret Thatcher dalam Film The Iron Lady


Sisi Kepemimpinan Margaret Thatcher dalam Film The Iron Lady

Film The Iron Lady merupakan suatu film yang bercerita mengenai sosok pemimpin perempuan yang membawa perubahan besar bagi dunia secara umum dan inggris secara khusus. Dalam Film ini bercerita  mengenai sejarah pemerintahan dan politik Inggris, dengan menonjolkan sosok seorang pemimpin yang tegas, meskipun ia adalah seorang perempuan. Ia adalah Margareth Thatcher. Pada masa hidup Margaret Thatcher, perempuan tidak dipercaya menjadi seorang pemimpin di Inggris. Pemerintahan didominasi oleh laki-laki, yang notabene malah belum menunjukkan kemajuan bagi negeri. Perempuan hanya mampu bertugas di dapur dan tidak memiliki kekuatan untuk memimpin Negara. Namun paradigma diskriminasi gender ini kemudian berusaha diruntuhkan oleh Margareth Thatcher.  Dengan segenap keberanian dan keinginan yang kuat, Margaret Thatcher kemudian memutuskan untuk masuk ke dalam pemerintahan Inggris.

Margareth Thatcher, adalah sosok seorang pemimpin yang tegas, yang konsisten dengan pendiriannya, namun tetap memiliki dedikasi kepada keluarganya. Harapannya selain menjadikan Inggris lebih maju, juga ingin melihat putera-puterinya tumbuh bahagia. Ia mempunyai pendirian yang kuat bahkan melebihi pemimpin para umumnya.
Berikut adalah ciri kepemimpinan Margareth Thatcher dalam film The Iron Lady :

  • Margareth Thatcher adalah pemimpin yang berani, dibuktikan dalam tindakannya untuk maju menjadi pemimpin Inggris yang saat itu didominasi oleh laki-laki.
  • Margareth Thatcher adalah pemimpin yang memiliki pendirian yang kuat dibuktikan dari keinginannya untuk menjaga kedaulatan Inggris dengan mempertahankan pulau kecil terpencil, walaupun harus mengorbankan beberapa nyawa prajuritnya saat itu.

  • Margareth Thatcher adalah Negarawan bukan politisi, dibuktikan dengan tindakannya yang terkadang tidak sesuai dengan partai pengusungnya. Selama itu berpihak pada rakyat ia akan melakukannya.

  • Margareth Thatcher adalah pemimpin yang memilki pandangan jauh kedepan dibuktikan dengan ucapannya yang mengatakan bahwa “mungkin keputusan kita akan dihujat oleh generasi saat ini, tapi generasi selanjutnya akan berterima kasih atas keputusan yang diambil hari ini,".

  • Margareth Thatcher adalah pemimpin bagi keluarganya juga, hal ini terlihat bagaimana ia menjaga dan merawat suaminya dan anak-anaknya.

  • Seorang pemimpin yang penuh perjuangan dibuktikan dalam perjuangannya yang dimulai dari keinginannya bersekolah di Oxford hingga mencapai keingingannya  sebagai Perdana Menteri Inggris untuk melihat Inggris yang lebih baik.

  • Margareth Thatcher seorang pemimpin yang punya inisiatif kuat. Ia tidak menunggu bawahannya bertindak tetapi pemimpinlah yang memberikan contoh teladan.

  • Margareth Thatcher adalah sosok Superleadership. Ia mampu membawa followersnya followersnya khususnya para perempuan dunia maupun inggris agar berani tampil sebagai pemimpin tanpa harus terbatas gender sebagai seorang perempuan.

0 komentar:

Posting Komentar