Sabtu, 19 Desember 2015

Kepemimpinan Aung San Suu Kyi dalam Film The Lady

Sosok pemimpin perempuan yang feminin dapat kita temukan dalam film The Lady. Mengangkat kisah hidup pemimpin oposisi Burma, Ia dijuluki si Anggrek Burma, ia adalah Aung San Suu Kyi. Film ini menyajikan tontonan nyata mengenai perjuangan seorang perempuan dalam melawan kekerasan, melalui cara-cara nir-kekerasan. Di tengah pergulatan politik Myammar yang saat itu dipimpin secara otoriter, Aung San Suu Kyi tampil seorang pejuang wanita Myanmar yang bersikeras menegakkan demokrasi di negerinya sekalipun harus berhadapan militer Burma.
Dalam film the lady Aung San Suu Kyi memutuskan untuk bergabung dalam sebuah partai oposisi Myanmar, Liga Nasional Demokrasi, sekaligus ia sebagai pemimpin partainya. Keputusannya ini sangat disambut baik oleh masyarakat Myanmar. Ia harus meninggalkan kehidupannya di tanah Inggris untuk kembali ke Burma demi menyelamatkan nasib para rakyat yang dikekang kebebasan dan kesejahteraanya. Dalam film ini pula, Aung san suu kyi diperhadakan pada keputusan membela keluarga atau Negara. Ia adalah perempuan yang juga mencintai keluarga dan senantiasa menjaga keluarganya. Seorang pemimpin yang terhormat dari tanah Burma yang sangat dicintai oleh rakyatnya.
Dalam film ini, adapun sisi kepemimpinan dari Aung San Suu Kyu yang dapat dipelajari yakni :
1.      Aung San Suu Kyu adalah pemimpin wanita feminim yang penuh perjuangan dan pantang menyerah. Hal ini tergambarkan dari perjuangannya membebaskan kondisi rakyat Burma melawan junta militer otoriter sekalipun harus merasakan menjadi tahanan rumah. Namun perjuangannya tetap dilanjutkan bersama rakyat Burma.
2.  Aung San Suu Kyi adalah pemimpin yang anti kekerasan. Hal ini dibuktikan dengan gerakan perjuangannya yang tidak mengedepankan kontak fisik, salah satu contohnya yakni Ia lebih memilih untuk melakukan aksi mogok makan ketika menuntut agar rekan-rekannya di NLD dibebaskan.
3.      Aung Sang Suu Kyi adalah pemimpin yang berani. Hal ini terlihat dari keberaniaanya dalam menghadapi kerasnya rezim militer di Burma dan juga Saat senjata laras panjang sudah ditodongkan ke muka Suu. Namun alih-alih membubarkan acara, Suu justru berjalan dengan mata terpejam sambil mendekati tentara tersebut. Ia membuktikan Keberaniannya dalam membela apa yang diyakininya.
4.     Aung sang Suu Kyi adalah pemimpin yang sangat mencintai Rakyat. Hal paling terlihat dari tindakannya yang rela berpisah dengan keluarganya dan memilih memperjuangkan kepentingan bangsanya. Keputusan ini merupakan pilihan yang tidak mudah. Tetapi karena cintanya kepada rakyat dan tanah air Suu Kyi memilih untuk tinggal dan berjuang bersama rakyatnya menghadapi junta militer yang berkuasa. Hal ini juga terlihat dari percakapan
"Kalau Anda mau meninggalkan Myanmar, kami akan urus perjalanan Anda secepatnya sehingga besok Anda sudah akan bertemu dengan keluarga. Jadi, Anda bebas memilih: keluarga Anda, atau negara Anda..
" Suu Kyi menolak dengan menyatakan: "Kebebasan macam apa yang Anda tawarkan itu?!"
5.    Aung San Suu Kyi adalah pemimpin yang Kharismatik. Hal ini dibuktikan pada daya tarik Suu yang begitu besar terutama pada pidato pertamanya  yang mendapat sambutan dari ribuan pendukung, hingga kampanye yang ia lakukan hingga ke desa-desa dan suku-suku di Myanmar.
6.     Aung San Suu Kyi adalah pemimpin yang mencintai keluarganya. Hal ini terlihat dari tindakan menjenguk orang tuanya yang sakit dan perempuan yang juga keibuan. Hubungannya dengan anak-anaknya sangat harmonis, begitu pula hubungan  Suu dengan suaminya, Michael Aris walaupun pada akhhirya kematian sang suami yang tidak disaksikan langsung oleh Suu.
7.     Secara kesuluruhan Aung San Suu Kyi dalam film memperlihatkan bagaimana Memimpin dengan penuh kegigihan, kesantunan, keanggunan, anti kekerasan, dan tetap mampu mendapatkan legitimasi dari rakyat sebagai seorang pemimpin. Ia dapat masuk kategori SUPERLEADERSHIP.

0 komentar:

Posting Komentar